Share Block Set Vixion For your Jupiter MX (MX 150)


Disini saya akan mengshare apa yang saya googling dan pengalaman saya…. Sesuai dengan judul di atas bagi MX Bikers yang ingin mengupgrade jeroan anda tanpa korek sana karek sini alias tak mau ribet ini salah satu alternatifnya.. karena pengaplikasiannya tinggal plek atau pnp(plug n play) kaluapun ingin merubah ke standar tinggal ganti dengan blok set standarnya.. langsung saja

Berdasarkan spesifikasi MX memiliki perbandingan bore x stroke=54 mm x 58,7 mm maka kapasitas yang didapat 135 cc. Dimana dengan prinsip everstroke/longstroke tersebut umumnya mampu mendongkrat moment putarun bawah yang lebih besar, juga dapat mempunyai rasio kompresi yang lebih padat yang berarti lebih hemat bahan bakar dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah. Namun dengan hadirnya moge Yamaha Vixion yang spesifikasi bore x stroge=57 x 58,7 mm dengan kapasitas diperoleh 150 cc yang bertipikal square menyebabkan para penyuka kecepatan mulai melirik mengaplikasikan piston tersebut guna meninggalkan beberapa kekurangan dari mesin longsquare dan mengejar karakteristik mesin square. Dikutip FYI, jika ukuran bore sama dengan stroke atau rasio bore – stroke sama dengan 1, maka di sebut mesin square, umumnya rasio bore – stroke berkisaran 0.95 -1.04 disebut mesin square. Beberapa keunggulan tipe mesin square yang hampir merata di semua rentan rpm baik rpm bawah, tengah, dan atas. Apalagi blok mx dengan vixion sama baik teknologinya seperti DiAsil Cylinder, Foged Piston, sampai liquid cooling hanya yang membedakan ukurannya. Berikut parts yang di butuhkan :

1. Cylinder >kode 3C1-E1311-00

2. Piston >kode 3C1-E1631-00

3. Piston Ring Set >kode 3C1-11603-00

4. Pin Ppiston >kode 3C1-E1633-00 bisa juga punya Fiz R

5. Gesket Cylindder head >kode 3C1-E1181-00

Harga semua parts di atas berkisaran 700 – 800 rb. Dan untuk pemsangan di sarankan untuk membubut boring luar dari blok vixion karena beda ketebalan antara blok MX dengan Vixion sehingga jika langsung dipasang akan menyangkut pada pertengahan lubang blok, sebagai refrensi jadikan dameter luar boring tersebut menjadi 67 mm, masih ada 3 mm untuk pemuaian pada lubang crankcase MX yang memiliki diameter 70 mm. Bagi yang tak mau repot banyak yang jual sepaket yang sudah di bubut linear luar bloknya jadi tinggal plek..hehehe

Untuk mendukung mesin yang sudah 150 cc ada baiknya spuyer naik beberapa step atau yang punya dana lebih ganti dengan ukuran venturinya lebih besar, saya recommend Karbu PE 28 yang sudah banyak yang menggunakannya, dan sistem pengapian juga bisa gunakan koil YZ 125 ori atau protect atau koil recing lainnya sedangkan CDI pakai BRT/REXTOR/CP ,tapi kalau pilih BRT jangan menggunakan koil recing sebab akan merusak cdi tersebut tapi kata temen bisa dengan koil YZ 125 yang ori.. Jangan lupa mengganti per klep yang lebih keras atau mempunyai daya balik lebik baik dari standar agar tidak dapat meredam gejala floating bisa merk TK recing . Apalagi yang akan menggunakan cdi unlimiter/recing dan per kopling agar daya tersalurkan sempurna bisa gunakan merk TDR ataupun lainnya tapi saran saya gunakan 2 saja dan 2 ori agar tidak akan lebih memperparah beban bearing kopling itu pun sudah biak dan kampas cukup ori. Terakhir knalapot free flow agar tidak tertahan…

Mohan maaf jika ada salah …. Sekian dulu yach sharenya……

Satu Tanggapan

  1. […] Dan cara ini juga termasuk mudah karena sudah banyak dujual dipasaran dengan sifat pnp alias tinggal plek… Untuk yang akan upgrade MX ke 150 klik disini […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: